tunjukkan kalo kamu bangga!

hari ini 100 tahun yang lalu, organisasi Budi Utomo didirikan

dan hari ini menjadi puncak peringatannya

buat gw sendiri sih, gw udah tau kok kita harus begini harus begitu

menyingsingkan lengan baju, melestarikan budaya, membawa nama bangsa

*spertinya itu jawaban esai UAS pendidikan kewarganegaraan gw*

yang menurut gw penting sih ya…bahwa kita harus bangga jadi bangsa Indonesia

hari jumat kemaren, pas gw lagi ujian praktek olahraga, gw sempet ngobrol2 sama beberapa temen

temen gw, AMANDA, udah ketrima kuliah di singapore. dia bilang pada akhirnya nanti dia gak mau balik ke Indonesia. kalo dia udah dapet kerja bagus di luar, kenapa dia mesti balik? apalagi klo udah dapet cwo tajir kaya raya entah duitnya dari mana, buat apa balik?

dan kemudian dengan amat berani, temen gw yang lain yaitu si ABE, dia udah keterima di ipb. bokapnya dia asli jepang. nyokapnya dia half chinese half indonesia. dan dia bilang, bahwa dia mau dikubur di indonesia.

walopun bokapnya orang Jepang, keluarganya masih ada yang di jepang ato cina, walopun suaminya ntar entah orang mana….dia mau setiap bagian tubuhnya kembali ke tanah air Indonesia.

trus gw ter-amaze gitu…

gw sendiri asli Jawa. gak punya darah keturunan luar negeri (walopun kadang2 suka ngaku2 keturunan belanda *hihihi*). dari lahir tinggal dan besar di tanah Indonesia.

apa sih definisi bangga terhadap Indonesia?

klo menurut gw, kalo kita bangga pada Indonesia, kita akan mau memberikan kontribusi pada Indonesia

Pak SBY memberikan kontribusinya dengan memimpin negara kita ini

Sophan Sophiaan sudah memberikan kontribusinya dengan memperjuangkan nasib rakyat di DPR dan juga terus membawa semangat itu hingga akhir hayatnya

Pak Arif Rachman memberikan kontribusinya dengan mendukung pendidikan Indonesia

Artika Sari Devi memberikan kontribusinya dengan membawa nama Indonesia di ajang Miss Universe

Irene Kharisma memberikan kontribusinya dengan selangkah lagi menjadi Grand Master Wanita pertama dari Indonesia

Tim Uber Indonesia memberikan kontribusinya dengan maju ke final Piala Uber 2008

Cinta Laura memberikan kontribusinya dengan tetap berkewarganegaraan Indonesia

Guru guru kita memberikan kontribusinya dengan membuat kita menjadi ‘orang’

Orang tua kita memberikan kontribusinya dengan memberika akhlak dan budi pekerti pada generasi penerus bangsa

apa kontribusi kita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s