penasaran sama bibir

gak ada angin ato tornado apa, tiba tiba saya ngaca sambil ngeliatin bibir.

trus saya nanya ama nyokap, “bu, bibir itu sebenernya apa ya?”

nyokap cuma bisa jawab “iya ya, apa ya?”

maksud saya, bibir itu sebenernya daging, otot, kumpulan kulit, ato apa sih???

kalo kumpulan kulit, kok warnanya agak kemerahan ya?

kalo agak2 merah, berarti daging dong. tapi kok bisa gerak gerak ya?

kalo bisa gerak, berarti otot dong? tapi saya kok rasanya gak pernah denger ada otot yang menyusun bibir ya?

aaaaaaaaaaa

saya penasaran penasaran penasaran *seperti lagunya om Rhoma Irama yang dinyanyikan lagi oleh tante Krisdayanti*

pas onlen, saya buka wikipedia deh. pertama buka wiki indo dulu.

trus search ‘bibir’ ……wait…….

weleh, yang muncul kok ‘Bibir Mer’ apa pula ituuu?

daripada pusing, lanjut ke wiki inggris aja deh. Search ‘Lip’ …..wait….

KETEMU DEH!

bacabacabacabaca

ternyata sodara sodara……bibir itu jaringan epitel..!!

buat yang gak tau jaringan epitel itu apa, bukalah buku cetak BIOLOGI kelas 2 SMA anda. atau kalau anda males, ya buka di sini aja.

trus, kenapa warnanya merah? karena ada pembuluh darah, tiara

kenapa bisa gerak gerak? well, sebenernya yang gerak tuh bukan bibir, tapi otot otot yang ada di wajah. gitu, tiara.

ternyata oh ternyata. kok saya bisa gak tau ya? mohon ampun bu patty, spertinya dulu saya agak stengah bobo pas dengerin pelajaran ibu!

^^

oh ya, ternyata warna bibir bisa berubah jadi biru secara alami lho! serem ih.

Leave a Reply

