jangan berhenti makan di solo

pertama tama saya ingin mengucapkan…

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H

saya mohon maaf ya kalo ada salah sama kalian smuaaa…. =D

hehehehe.

trus ceritanya saya dapet tag nih. dari siapa? dari adek saya sendiri…

tag-nya : pasang foto adik anda yang super cantik….

huehehehe. emang adek saya ini. lagi sok eksis. udah saya bilang, kalo mau pasang foto cantik sana bikin blog sendiri. tapi dianya masih males. ya udah saya dipaksa buat masang foto (yang menurut dia cantik). oh ya fyi, ini yang ngejepret saya lho…

ini adek saya..

yah itu sekedar selingan saja. soalnya ntar saya dimarahin sama dia kalo fotonya gak dimasukkin. huhuhu. dan foto2 di bawah ini sih smua modelnya dia. hehehe

oh ya karena post yg kemaren kayanya panjang banget ya… jadi saya mau mencoba posting pendek pendek aja d biar pada gak bosen bacanya.

saya mau cerita tentang liburan mudik saya. jadi tiap tahun, sejak saya masih SD, sampai sekarang saya udah kuliah, tiap lebaran saya selalu mudik ke kampung halaman bapak saya. keluarga saya sih gak merayakan lebaran, tapi keluarga dan temen temen bapak kebanyakan ngerayain. jadilah mudik ke kampung halaman menjadi rutinitas tahunan yang gak mungkin dilewatkan

emang di mana sih kampung halaman bapak saya itu??

di solo

saya di sini mau cerita tentang makanan makanan di solo aja yaaa…

nyampe di solo udah jam 12 malem, tapi sekeluarga belum makan. mungkin di daerah laen, kalian akan bingung kelaperan nyari makan. tapi tidak di solo. karena makin malem, makanan di solo makin banyak.. hehehe. jadilah kami sekeluarga makan nasi liwet!!

maap ya gak ada foto wujud nasi liwetnya kaya apa. soalnya udah keburu saya abisin saking laparnya… hehehe. nasi liwet itu kebanggaannya kota solo. saya sebagai keturunan orang solo, cinta mati ama yang namanya nasi liwet. hahaha

makanan selanjutnya…

bakmi ketoprak

hahaha. iya beneran. mungkin kita yang di jakarta mengenal ketoprak sebagai makanan yang isinya lontong, tahu, bihun, toge, trus dikasih kuah kacang, kecap, ama kerupuk. tapi di solo, inilah wujud bakmi ketoprak..

isinya hampir mirip sih ama ketoprak di jakarta. ada lontong ama tahu. tapi disini ditambah pake daging, kacang, mi, sosis solo, ama kuah gitu… hahaha. lebih asoy lah pokoknya.

terus…

ada tengkleng

bingung gak cara bacanya gimana? ‘e’ yang pertama dibaca kaya di kata ‘derita’ dan ‘e’ kedua dibaca kaya di kata ‘enak’ got it?

dan apakah tengkleng itu? tengkleng itu isinya tulang ama jeroan kambing. hahaha. pasti heran d, apa enaknya makan tulang ama jeroan? yaa tapi emang dasarnya saya suka

dan karena ibu saya gak suka daging dan bapak saya gak boleh makan kambing (kalo gak ntar kolesterolnya tinggi!!), jadi yang makan tengkleng + tongseng tinggal saya ama adek saya. hahaha. kenyang d.

next!!

kupat tahu guling

yang dibayangin udah tuh tahu diguling guling aja kan? gak kok. sesuai namanya, makanan ini isinya kupat, tahu, sama guling (hah??!!! ya gak lah, gak pake guling kok. hehehe) pake mi ama kuah. mirip ama bakmi ketoprak tapi ntah kenapa namanya dibedain. sepertinya sih karena rasa kuahnya beda.

dan saya sempet makan nasi liwet untuk kedua kalinya. karena rasanya gak afdol kalo cuma sekali doang. hehehe. yang kedua ini gak cuma makan nasi liwet doang, tapi ditemenin sama susu sapi shi jack

oh ya sama yang penasaran ama wujudnya nasi liwet, ini fotonya

nasi liwet itu isinya nasi (ya iya lah..!!) pake sayur labu siem, suwiran ayam, dan beberapa tambahan misalnya telor, ati ampela, tahu, dll. enak lah pokoknya.

trus sebelum saya pulang balik ke jakarta, saya sempet2in dulu makan soto… soto adalah makanan wajibnya orang solo, setelah nasi liwet. dan kemaren saya makan soto di ngading…

masa ya pas saya makan di sana, kan dikasih teh. saya pikir itu teh tawar, tapi ternyata itu teh manis. dan manisnya gak kira2. manis banget… pas saya liat, ternyata gulanya setengah gelas sendiri!! gila ya. pantesan aja keluarga bokap pada diabetes smua… hahaha

yah,, itu saja cerita wisata kuliner saya. sebenernya masih banyak sih yang gak kesampean. saya gak sempet ke es masuk, gak sempet makan selat solo, ama nasi timlo solo juga. ya secara cuma 3 hari di sana. ini aja saya udah gendut. hahaha

oh ya, saya mau ngasih bonus foto nih. foto ini bukti. bukti kalo saya turunan orang belanda. percaya gak? harus percaya karena ada fotonyaaa…

hehehe. jadi itu makamnya canggah saya. ada yang gak ngerti artinya canggah? canggah itu adalah neneknya nenek kita ato kakeknya kakek kita. got it? ya jadi Nj. Smith ini married ama orang jawa, jadi nama keluarganya ya gak pake smith lagi. hehehe. coba kalo itu nama smith masih nyampe ke saya ya, ntar nama saya jadi tiara smith. hahahaha. parah.

tapi ada yang beda dari mudik taun ini. mobil kerasa lebih luas, makanan lebih lama abisnya, tempat tidur lebih lapang….

iya, peserta mudik berkurang satu. yang satu lagi kena taifun di taipei sono. hehehe. miss u bro!! cepetan selesai kuliahnya trus makan nasi liwet lagi!

P.S. ini posting jadinya panjang ato pendek ya?

^^

Advertisements

22 thoughts on “jangan berhenti makan di solo

  1. maaf lahir dan batin ya..
    maaf ya kalo dulu kakanya sering dipinjem
    buat jadi temen curhat..
    maaf kalo jadi membuat waktu kalian berkurang
    commentnya aga ga nyambung ya,,
    ya udahlah..
    damai…peace..
    salam buat keluarga yang lain..
    tq..

  2. @mac..
    weitz sigap bener. baru posting langsung dikomen. hehehe

    @lucky..
    yaaa saya mohon maaf lahir batin juga

    @fra..
    sumpah d komen lo gak penting abis. huahaha

    @bena..
    huaaa… dirimu jahat sekali

    @jeanne..
    haha. ntar aja lo ke solo. sana belajar. hihihi

    @enad..
    yup, emang enak smua!

    @rama..
    makasih udah kunjungan balik. hehe

    @awan..
    gw kalo lg bosen kerjanya emang makan, hehe. makasih udah sering2 dateng

  3. wah jadi kangen masakan solo nih apalagi lihat menunya ehem-ehem…nyami-nyami…kapan ya bisa menjelajahi lidah dgn menu2 diatas…
    Salam kangen dr South Korea

  4. you know what!?
    gue JUGA ORANG SOLOOOOOOOOOOOO…
    ah teman sekampung!! x)
    kuliner solo emang the best, ga heran gue gendut, khehehe

    tapi tahun ini gue ga mudik sih
    huks
    huks

    apa kabar solo?
    masih tetep panas dan gersang?
    oh iya
    rekomen gue nih kalo lo di solo lo harus ke rumah makan ayam bakar malioboro! itu ajib!
    gue sukaaaaaaaaaaaa banget disana
    selain nasi liwet, soto, bakso, susu sapi, dan segala macam makanan
    ayam bakar malioboro itu wajib hukumnya untuk didatangi
    gue sih suka, ga tau elo ya
    haha πŸ™‚

  5. 1. hmm..hmm..adenya oke juga..
    2.pencinta wisata kuliner ni,,gw juga..coming soon di blog gw wiskul mudik gw..makanan2 tak biasa
    3.UTS pertama ya???hahahaha
    BUNDEL RULES!! haha. dimana2 org ngerjain bundel..

  6. tiaraaaaaaaaaaaaaaaaa…. :)) enak2 banget!!!
    melatinya jg enaaak kayaknya buat digigit!!

    mudik minus mas ireng ya??? kalo pulang depok mbok ya maen ke rumah dio jg..
    sama melati jg.

    piye dek, kuliah dah dapet gebetan blm?? hahahaha

    *ndak..ndakk.. aku bilangin ibu kok*

  7. @ annisa..
    ayo mampir ke solo. dijamin gak nyesel!

    @antown
    tergantung juga sih, nasi liwet ada yg mahal banget tapi juga ada yang murah banget

    @tante rani..
    hehehe. udah kangen ya tante?

    @adr
    masakan padang juga uenak! hidup kuliner indonesia!!

    @tammi
    iya tam.. solo masih panas amat sangat!! gw prefer bandung d. hehehe. kapan2 gw coba d ayam malioboro itu

    @bena..
    iya pak, saya udah posting baru

    @chikong..
    huwee.. salah post komen ya mbak? hehehe. gpp d. edward emang vampire paling ganteng kok!!

    @rizqy..
    yup, bundel rocks!!

    @mbak cita..
    iya mbak. kapan2 aku maen. gebetan? hmm.. (berharap) ada. hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s