“titanium mengecewakan”

di tumblr saya sempat berjanji akan bikin reviewnya titanium, sitta karina’s new book. tapi setelah adik saya ikutan membaca dan juga memberikan komentar, saya jadi merasa dialah yang lebih cocok untuk memberikan review tentang buku ini. maka dari itu, saya saat ini memberikan kesempatan buat adik saya untuk jadi guest blogger di the fairytale of tiarakami ini. selamat membaca!

***

Saya baru baca Titanium, novel barunya Sitta Karina, dan mau memberi sedikit resensi disini. Novel ini masih seputar keluarga hanafiah khususnya tentang Austin Hanafiah. Seperti semua cerita Hanafiah lainnya, hidup gak akan seru tanpa sedikit penculikan dan bunuh-bunuhan. Jadi yang satu itu pasti ada di novel ini. Dan novel yang ini berputar tentang dunia sosialita Jakarta (walaupun pemeran utamanya ngakunya bukan salah satu dari sosialita tersebut dan menganggap dirinya orang biasa), jadi ada lah berbagai merk-merk baju, tas, sepatu yang sangat extravagant.

Secara keseluruhan seperti novel Sitta lainnya, novel ini gak mengecewakan dan menghibur khususnya kalau kamu cewe yang kaya saya doyannya sama cerita cinta putri ketemu pangeran trus hidup bahagia selamanya.Ā  Tapi, saya heran dan selalu agak sebel tiap beberapa halaman sekali karena banyaknya salah ketik dan ada beberapa kata yang diketik dua kali. Buat saya yang orangnya kalo baca novel sangat memperhatikan sampe detil-detilnya (makanya saya kalo baca lama), hal kaya gini sangat mengganggu dan biasanya suka bikin saya sebel sendiri. Karena menurut saya namanya novel yang udah dipublish di toko buku itu harus udah 100% gak ada salah ketik. Saya aja waktu bikin karya tulis di sekolah salah ketik satu huruf aja mesti ngulang ngeprint berlembar-lembar. Kalo pernah baca novel bahasa Inggris gak pernah ada yang namanya salah ketik. Saya udah sampe kehabisan itungan ada berapa salah ketik di novel ini.

Dan yang lebih parah, ada beberapa bagian yang aneh. Kaya misalnya di bagian awal si Romi (nama pemeran utamanya) sama Austin ngomongin bapaknya Romi sama Austin yang pernah kuliah di tempat yang sama, eh di tengah-tengah Austin nanya siapa kerabatnya Romi yang kuliah di tempat itu. Saya yang baca jadi pusing, saya sempet mikir apa saya yang bacanya kebalik, atau Austinnya yang lupa ingatan.

Trus ada lagi yang lain. Kira-kira begini: si Austin cerita tentang adiknya si Chris yang udah nikah sama Kayo dan sekarang ada di Amerika. Trus di akhir cerita si Romi dikenalin ke Chris dan tunangannya Kayo. Nah yang man yang bener hayo. Saya mikir kenapa gak komsisten gini sih. Trus saya curiga jangan2 gak ada editornya, tulisan Sitta langsung plek blek dicetak trus dipublish. Tapi saya gak mau menuduh-nuduh ah, takut dituntut sama Sitta trus dipenjara kaya Prita.

-si cantik Melati- (ngarep… XP)

***

yaa… begitulah review dari melati. jujur aja ya, pas pertama baca, saya gak menyadari semua hal di atas itu. entah melati yang terlalu teliti atau saya yang cuek. hohoho. ya yang di atas itu sekedar kritik saja sih. semoga di novel novel berikutnya sitta karina dan penerbit Terrant tidak mengulangi hal yang sama. hehehe. peace yo!

9 thoughts on ““titanium mengecewakan”

  1. Waduuuh,,
    cukup banyak juga yaa kesalahan yang ada di novel itu..
    Ampe ada yang gak konsisten gitu..
    “Udah nikah apa masih tunangan…”. Jadi Pengen bingung..hehehe

    Semoga cepet2 dikeluarin cetak revisi nya dhe..
    Btw,,cover novel nya dimunculin dwonk…
    Pengen liat…
    šŸ˜€

  2. halo2. iyahhhhh gue juga menyadari kesalahan2 itu di novel titanium. hahahaha
    sampe gue ngoceh2 k tmn gue yang jg demen baca sitta karina punya novel.
    semoga bisa diperbaiki deh. mgkn karena ngebut bikinnya kli yah

  3. wuuuah setuju bgd ma melati,,,gw jg bngung wktu bca ny koq kayo mlh jd tnangan ny,,bkn ny d nvel2 sblm ny mrk d bkn udh nkh,,,
    tpiii,,,keseluruhan ny ok laaa,,,,

  4. tapi klo menurut gw, kayo baru tunangan deh ma chris..

    oh y, trus masalah di novel titanium kayaknya kurang complex, jadinya kurang gmn gtu..

    g terlalu gmn2 gtu, yang bikin seru, bagian romy-austin yang putus-sambung, itu doang..

    oh y, di hal 422 ada percakapan yang janggal antara romy-austin..

    yang mulai dari kalimat, “sebagai pasangan?” di situ gw g nyambung..

    itu yang nanya siapa?

    austin apa romy..

    oh y, skalian, mendingan klo mo bikin novel sequel, jangan ‘Inez – Niki part 2’, tapi ‘Bi – Sora part 2’..

    soalnya masalah bi – sora, lebih complex, dan masih da yang jadi pertanyaan gw, keluarga hanafiah nerima sora atau g??

    kaykanya sih g, coz nenek hanafiah ma reno, g setuju tuh..

  5. Aku juga sebel kalo baca dan banyak salah ketik, kurang koma atau titik aja bisa bikin sebel. Kan jadi mengurangi suasanayang udah kebuat. Hm, tapi asik ya cerita-cerita Sitta šŸ™‚

  6. jujur, aku belum baca titanium, kalo diliat dari banyaknya kesalahan kayaknya aku jadi rada kecewa juga (mengingat aku juga lumayan detail dgn pemakaian tnda baca, dsb.)

    apalagi soal Kayo-Chris, menrutku mereka udh nikah soalnya udh dibhs di novel PHKM.

    tapi kalo dari segi cerita, aku percaya titanium itu bgus seoalnya aku prnh baca 2 novel sitta karina sblmnya (PHKM dan PDB). sitta karina emang keren kalo bikin sebuah cerita yang menurutku terasa “riil banget”

  7. Pingback: what happened to ‘the fairytale of tiarakami’ in 2010 « the fairytale of tiarakami

Leave a Reply

