sebagai seorang BHUPALAKA

rasanya posting saya yang sebelum sebelumnya selalu tentang orang lain. nah, di posting ini saya ingin bercerita tentang saya sendiri (eh, buset narsis ya? haha). saya sebagai seorang mahasiswi teknik lingkungan ITB.

sudah sejak bulan agustus yang lalu saya belajar berbagai hal tentang teknik lingkungan. dan mata kuliah yang saya dapatkan adalah…

  1. statistika lingkungan
  2. kesehatan lingkungan
  3. mekanika fluida I
  4. matematika rekayasa
  5. menggambar teknik
  6. surveying dan pemetaan
  7. pengetahuan struktur

dan ketujuh mata kuliah tersebut berupa 19 sks selama semester 3 ini. tapi pada prakteknya, terasa jauuuuuh lebih banyak dari 19 sks. ditambah dengan berbagai asistensi, responsi, dan praktikum.

dulu waktu TPB sok sok berasa capek gitu gara gara 7 to 5 melulu. tapi sekarang setelah tingkat 2, berasa banget kalo TPB tuh dimanja. jadwal udah ada, ruangan udah ada, gak berubah ubah. tinggal dateng aja ke kelas, kok malah males. sekarang, saya bisa ngeliat gimana repotnya ketua kelas saya nyari jadwal yang cocok pas ada mata kuliah yang bentrok, trus kita nyari2 jadwal kosong buat responsi gara gara semua kok rasanya penuh. bisa tiba tiba dijarkom ada kuliah pengganti/responsi baru sehari sebelumnya.

ada lagi tugas tugas semacam gambar teknik atau surveying. dosen gartek yang gak pernah dateng padahal pas asistensi tugasnya udah ampe gambar denah aja. ditambah lagi saya orang yang berantakan banget kalo gambar. eeewh. rasanya ingin lulus gambar teknik tanpa menggambar. hahaha. kalo surveying beda lagi ceritanya. berkat mata kuliah ini saya jadi baru menyadari bahwa kalkulator adalah setengah hidup saya. hahaha. karena kalo gak bawa kalkulator, yasudahlah mending sekalian gak usah dateng.

eh kok semua isinya keluhan ya? pdahal gak juga lho. saya cukup menikmati berbagai mata kuliah yang ada di TL. mungkin karena ini adalah pilihan saya sendiri, jadi saya lebih tertarik pada hal hal semacam ini.

dan yang tak kalah menyenangkannya adalah, saya bertemu dengan kawan kawan BHUPALAKA!!

bhupalaka adalah nama angkatan TL 2008 yang artinya pelindung bumi pertiwi. bersama sama kami menikmati perkuliahan dan juga masa kaderisasi di HMTL. oh ya untuk si masa kaderisasi ini, saya ceritain di posting yang berbeda aja ya…

yah, sementara ini dulu deh. saatnya saya kembali mengerjakan tugas tugas yang menanti dengan sabarnya. hahaha.

Leave a Reply

