Sawarna Trip : what a perfect getaway!

null

They call it ‘hidden paradise’

Saya pertama kali mengetahui tentang adanya Sawarna ini dari majalah GoGirl! dan sempat browsing sedikit di internet. Tapi impian jalan jalan kesana tampaknya jauuuuuh sekali dari perwujudannya. Alasan pertama : saya belum pernah liburan versi backpacking, saya gak bisa ngerencanainnya. Alasan kedua : mana boleh sama orang tua saya?

Tiba tiba alasan alasan itu menjadi runtuh ketika keinginan saya itu ternyata disambut baik oleh Intan, salah satu teman baik saya di Teknik Lingkungan 2008.  Intan emang hobi jalan jalan anaknya. Dan di saat dia mulai bosan dengan kota, saya pun mengajukan SAWARNA!

Singkat cerita, personil sawarna trip menjadi 5 orang. Saya, Intan, Rani, Wafi, dan Riza. Hari Senin 12 Juli 2010 – Rabu 14 Juli 2010
null

Perjalanan Bandung – Sawarna

05.00 : bangun pagi di rumah Intan di kopo setelah nonton final world cup yang pake perpanjangan waktu

07.00 : berangkat dari Terminal Leuwi Panjang,  naik bus jurusan Bandung – Sukabumi. Busnya non AC tapi banyak angin. Yang malesin adalah kursinya dempet dempetan sekali jadi badan mulai sakit sakit.

10.00 : sampai di Terminal Sukabumi, ternyata di Sukabumi ada McD ya. Hahaha.

10.30 : Naik bus jurusan Sukabumi – Pelabuhan Ratu. Sekarang bus AC!! Tapi sayangnya si AC jelekan sehinggan naik bus AC terasa lebih menyiksa daripada naik bus non AC.

12.30 : Sampai di terminal Pelabuhan Ratu yang sangat panas. Kami kemudian mendapatkan info bahwa ada elf yang langsung menuju Sawarna (FYI, elf biasanya menuju ke Bayah dan dari Bayah kami harus naik ojek lagi ke Sawarna). Namun elf sawarna itu sudah mau berangkat sedangkan kami belum makan siang. Akhirnya kami melobi sopir elf agar mau menunggu kami makan soto dulu. Untungnya dia mau.

13.00 : Berangkat dari Pelabuhan Ratu ke Sawarna. Sopir elf bilang perjalanan ‘hanya’ 2 jam. Kami tidak percaya. Namun ternyata sopir ini punya naluri pembalap mendekati pembunuh ya. Dia nyetir elf super ngebut lewat tanjakan turunan dan belokan menikung. Sedangkan kami di dalam elf dempet dempetan kaya ikan pepes. Dalam hati ada 2 doa saya, yang pertama semoga nyawa kami selamat di tangan sopir gila ini, dan yang kedua semoga soto yang barusan saya makan ini tetap berada di perut saya. Hahaha

14.45 : Yak teman teman ternyata kurang dari 2 jam!! Memang mantap sopir elf itu.

Homestay Widi, Sawarna

15.00 : Sampai di Homestay Widi setelah berjalan sebentar dari jalan raya. Di Sawarna memang tidak ada losmen, penginapan, atau semacamnya. Namun ada penduduk yang menyediakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi turis. Homestay Widi sendiri dimiliki oleh Pak Ade.
null null

Setelah istirahat sebentar, kami langsung ke pantai!! Homestay Widi tuh deket banget sama pantai, cuma jalan kaki 5 menit kayanya dan perjalanannya pun ngelewati persawahan

nullPantai Ciantir, Sawarna

 

null null

null null

Pantai yang kosong, pasir bersih, airnya juga masih gak kotor, terkagum kagum banget deh. Di sana kami main pasir, foto foto, sambil main cebur ceburan dikit lah. Kenapa cuma dikit? Karena pantai pantai di sawarna termasuk yang ombaknya besar dan biasanya untuk surfing. Sebenarnya kami bermaksud untuk melihat sunset di pantai. Tapi mendung banget…. Akhirnya sunset tidak muncul. Hiks hiks.

Jam 6 sore kami pulang ke homestay, mandi, dan makan. Karena kami liburan di pantai, jadi makannya ikan dong. Dan masakan Bu Ade ini mantap sekali teman teman. Apalagi sambelnya, nyaaam. Kemudian malam malam kami ke pantai lagi, rencananya sih mau lihat bintang. Namun lagi lagi karena cuaca yang mendung, bintang yang keliatan cuma sebagian saja. Padahal kami berharap akan ada pemandangan luar biasa.

Pantai Ciantir, LAGI! (di pagi buta)

Keesokan harinya, setelah bikin teh manis anget dan makan pisang goreng, kami (minus riza yang masih tidur) ke pantai lagi. Menikmati udara pagi sambil lari larian. Asik lho!
null null

Goa Lalay

Perjalanan dari homestay ke Goa Lalay cukup jauh karena kami berjalan kaki. Namun perjalanan itu sangat menyenangkan karena pemandangan indah yang memanjakan mata kami.
null null
null

Awalnya saya kira Goa Lalay sekedar stalaktit dan stalagmit saja, lalu kami melihatnya sambil jalan jalan. Tapi ternyata yang saya dapatkan lebih dari yang saya bayangkan. Hahaha

null

yak yak yak, ternyata bagian bawahnya itu masih lumpur campur air jadinya becek becek-an lah. Hahaha. Jujur aja awalnya saya gak siap buat cebur ceburan begini. Tapi setelah saya kepleset trus setengah kecebur, hmm yasudahlah ya hahaha

Tanjung Layar
null

tanjung layar itu sisi pantai yang ada 2 batu menjulang. Sekilas memang terlihat biasa saja, tapi setelah difoto ternyata keren juga. Sayangnya saat kami sampai disana sudah agak mau hujan sehingga langitnya tidak terlalu bagus. Sebenarnya waktu sunset, kami mau kembali lagi ke sini tapi hujaaaaan huwaaaa

Lagoon Pari
null null
Menurut saya ini tempat paling indah di Sawarna. Pasirnya benar benar putih dan airnya bening! Sayangnya bibir pantainya tidak sepanjang ciantir.

Hari selasa malam menjelang maghrib, kami bermain lagi di pantai. Karena terlalu sering main akhirnya sampai gak foto foto hahaha. Keesokan harinya, kami harus pulang pagi pagi agar bisa mengejar elf dan bus ke bandung.

null null

bye bye sawarna!! Makasih karena sudah memberikan saya kesempatan untuk liburan sendiri tanpa orangtua, backpacking singkat, main main ke pantai, dan pengalaman melihat hasil karya Tuhan yang indah!

null

____________________________________________________________________________________

Okay, ini gw jalan jalan bulan Juli. Ini gw posting bulan Oktober. Hahahaha maaf ya telat banget. Dan maaf kalo kurang informatif. Kalo ada yg mau tanya2 ttg sawarna silakan. Siapa tau gw bisa bantu ngasih info.

Ini rincian biayanya. Maaf sebelumnya lupa hehehe

Pengeluaran sawarna trip

Berangkat
bus bandung-sukabumi = 15000
bus sukabumi-pl ratu = 19000
makan siang = 8000
elf pl ratu-sawarna = 20000

homestay widi 2 malam 5 kali makan = 100000
tip guide = 10000

Pulang
ojek sawarna-bayah = 12000
elf bayah-pl ratu = 20000
bus pl ratu-sukabumi = 19000
makan siang = 13000
bus sukabumi-bandung = 21000

Total = 257000

12 thoughts on “Sawarna Trip : what a perfect getaway!

  1. A… AAAAAAAAAAAH ASIK BANGEEEEET sumpah Gita paling sukaaa deh jalan-jalan kayak gini. Huhuhu asik gilaaa. Sawarna di mana sih? Liburan selanjutnya Gita mau paksa temen-temen Gita ke sini ah hihi. Budget berapa Bu? Bagi-bagi info dong Tir 😀 Hihihih

  2. wew.. asik nih ti,, kebetulan gue juga lagi nyari2 tempat buat liburan…
    Hehehee… Blog aktif terus yaah, nice!
    Thanks for the info ya, Ti…. ^^

  3. Lama tidak berkunjung…
    hmm, baru tahu pantai ini.. boleh juga referensi jalan2 ngegembel.
    iya nih, biaya total blm dimasukin..

  4. mba yg baik hati… boleh tau kontak personnya di sawarna ga??? saya mau tau harga penginapan dan makan buat 3hari 2mlm….. terima kasih

  5. Homestay widi enak ga? aku sama pacar rencananya mau kesana tanggal 11.
    Terus, nyari elf ke sawarna bilangnya apa ya?
    orang disana baik2 ga? takut juga nihh. hehehe

    Nice info!!!

  6. hi,
    cuma mau tanya aja, homestay widi itu bagus and bersih gak ya? soalnya saya akhir thn mau kesana and menurut info travel nya kita nginep disitu, thx

Leave a Reply

