si benci olahraga yang ngurusin acara olahraga

dulu saya gak ngerti apa serunya olahraga kompetisi. bikin capek. bikin kesel. intinya sih, saya gak bisa dan gak suka olahraga.

hingga akhirnya saya bingung sendiri kenapa saya bisa ‘kecemplung’ ngurusin acara olahraga skala kampus bertajuk OLIMPIADE VI KM ITB 2011. untungnya saya berada di divisi yang saya rasa tepat untuk saya. Divisi Opening Closing.

Entah sudah berapa kali saya menjadi divisi acara di berbagai kesempatan. Tapi ini pertama kalinya saya memegang acara skala kampus. and it was really hard!!! mulai dari nge-closerec orang, nyusun SOP, rapat rapat, nungguin latian performer ampe tengah malem, neklap, hwaaah.

untungnya saya dikelilingi teman teman yang mau membantu di saat masalah demi masalah datang, mulai dari gak dapet tempat, gak ada duit, gak ada orang, gak ada waktu, blah blah blah. banyak keselnya, banyak capeknya, banyak belajarnya. Seperti mereka bilang, sekarang adalah saatnya kita bikin salah, karena ketika kita sudah keluar dari ITB, gak ada lagi keringanan untuk salah yang kita buat.

hingga tiba akhirnya hari H

saat opening, masih banyak sekali kesalahan yang saya lakukan. hari itu, 22 Desember 2010, rasanya saya hanya ingin menyelesaikannya. hujan, obor gak nyala, ada sedih terselip di hati. tetapi senyum masih bisa juga muncul bila melihat barisan himpunan memasuki saraga diiringi perkusi yang membangkitkan semangat, serta Pak Akhmaloka yang dengan berani menolak dipayungi saat memberikan sambutan padahal hujan rintik rintik.

yang saya temukan saat opening adalah orang orang yang bisa saya andalkan. anak anak saya yang sigap, tanggap, tidak mudah mengeluh, dan bisa menenangkan saya yang mudah panik. bahagia rasanya ketika saya bisa menemukan orang orang yang bisa saya percaya.

sebulan berselang, saatnya closing ceremony. terakhirnya nih. ketika hampir seluruh panitia sudah lelah, jenuh, dan juga hilang; divisi saya menjadi yang paling rajin bekerja.

hingga saat hari H, rasanya semua tertumpu pada saya.

jujur saja, saya adalah orang yang selalu mencari tumpuan, selalu menunggu second opinion. di olimpiade, tumpuan saya adalah mamat si kabid acara.

H-1, mamat sakit tifus. wakil saya memiliki acara penting di jakarta. sahabat saya di 1 divisi ke medan.

saat itu rasanya semua kendali untuk closing ada pada saya. lalu saya menengok ke belakang, ada anak anak saya yang siap dengan pekerjaannya masing masing + chiko si wakabid yang kerjaannya selalu menenangkan saya.

anita si stage manager yang jauh lebih tegas daripada saya.

tito si LO MC super sigap

bala si timekeeper yang ribet banget dengan 1 papan teklap, 1 hp buat stopwatch, dan 1 hp buat kalkulator

mitha yang ngejar ngejar saya buat ngabisin makan siang

sukma si peraih medali emas yang mau nemenin saya nemenin anak anak SR

ilham, lion, kiki, bina tim panik suara gak keluar dari video

sarah gaby, kathy chitra yang gak bisa dipisah kerjanya

dikas yang stress banget ngurusin 70 orang sendirian

faber yang gak pernah dapet jarkom dari saya

bimon dengan his failed ‘hip hip hura’

tio teguh yang mau disuruh suruh angkat ini itu

joseph yang entah kenapa ketiduran melulu

riri yang labil antara merayakan kemenangan HME atau ngurusin kahimkahim

dan semuanyaaaaaa yang gak bisa saya sebutin satu satu

dan ketika akhirnya tiba di menit menit terakhir closing, rasanya saya ingin berteriak : Ya Tuhan, sebentar lagi ini selesai, selesai!!! Lega, bahagia, puas. Itu rasanya.

Kepuasan kami adalah ketika mendengar teriakan dan nyanyian suporter, ketika melihat ekspresi kemenangan, ketika pemain dari kedua tim bersalaman, ketika semua pemenang mendapat medalinya.

kepanitiaan yang panjang ini akhirnya selesai. puas lega bahagia.

ketika saya ingin membuat evaluasi umum untuk divisi opening closing, ini yang terlintas di pikiran saya. Divisi saya memiliki orang orang berkomitmen kuat. tidak banyak memang, namun cukup 🙂

terima kasih teman teman untuk kontribusi kalian di OLIMPIADE VI KM ITB 2011

P.S. Andai saja ini boleh jadi LPJ saya :p

3 thoughts on “si benci olahraga yang ngurusin acara olahraga

Leave a Reply

