Belajar nge-blog lagi

Hari sabtu kemarin saya mengikuti Free Saturday Lesson yang diadakan oleh Comlabs ITB. Topiknya adalah mengenai BLOG. berikut adalah sedikit cerita yang saya dapatkan (dan saya tulis khusus untuk Ashri Nadia)

Pembicara pertama adalah Enda, alumni Sipil ITB yang sudah banyak malang melintang di dunia Blog Indonesia. Dia menjelaskan perkembangan blog Indonesia, terutama sejak tahun 2000an. Ia juga menjelaskan tentang salingsilang.com yaitu sebuah situs yang menyediakan informasi terkini tentang apa yang sedang dipercakapkan di Internet, khususnya di berbagai kanal sosial media yang tersedia di Indonesia. Salingsilang.com ini menarik lho! coba buka deh hehehe.

Dari penjelasannya, saya jadi mengetahui bahwa ada 4,1 juta blog di Indonesia. Namun sayangnya hanya 30% yang terupdate dalam 3 bulan terakhir ini. Mungkin penyebabnya adalah orang orang lebih suka mencurahkan pemikirannya via Twitter ataupun notes di Facebook.

Ini juga yang sempat menjadi bahasan, yaitu kenapa kita lebih baik menulis di blog dibandingkan notes facebook maupun kultwit (kuliah-twitter). Blog memiliki keunggulan dalam hal adanya permanent link (Permalink) dan pengarsipan yang baik. contohnya: kita bisa menemukan hasil postingan kita di blog lewat google. Kalau di facebook, kan terbatas. Begitu juga dengan twitter.

Ketika menyangkut tentang apa yang seharusnya kita tulis, Pidi Baiq  menjelaskannya di sesi berikutnya. Dengan gaya dan jawabannya yang nyentrik, Pidi intinya mengatakan bahwa menulislah sesuka hati kita. Tidak perlu peduli apa komen orang di bawahnya, atau apakah akan banyak yang membaca.

Budi Rahardjo kemudian memaparkan tentang niatnya untuk menulis 1 posting setiap hari. Katanya : Kuantitas lebih baik daripada kualitas. Dengan belajar mengungkapkan apa yang ada di pikiran kita setiap hari, kita akan belajar untuk lebih peduli pada lingkungan sekitar kita.

Intinya sih, FSL blogging kemarin itu kembali menguatkan keinginan saya untuk ngeblog. Rasanya gak bosen bosen gitu kalo nge-post. Hehehehe.

Maaf nih masih singkat, nanti kalo ada yang keinget ditambahin lagi 😀

Advertisements

One thought on “Belajar nge-blog lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s