logika, perasaan, dan alam semesta

Dalam konteks jatuh cinta, ada keputusan yang memakai otak (logika) dan ada yang memakai hati (perasaan). Hari ini saya diperlihatkan bahwa ada saatnya ketika alam semesta yang membuat keputusan.

Bertemu dengannya hari ini adalah suatu kebetulan. Setelah beberapa hari yang lalu saya justru kesal dan menghindari dirinya.

Ada rasa menggelitik di hati ketika ia memanggil nama saya dan kemudian menghampiri. Lalu saya bercerita, tentang hal yang mengganjal belakangan ini. Satu hal yang selama ini sulit untuk saya ceritakan pada orang lain. Padanya, kalimat demi kalimat lancar terluncur begitu saja.

Ia mendengarkan, lalu tersenyum.

Gerakan otot sederhana dari dirinya yang rasanya sudah cukup untuk memecahkan semua masalah saya.

Logika dan perasaan pun mengalah. Suatu kebetulan di tengah suatu hari biasa membangkitkan segala kenangan beberapa bulan ke belakang. Kenangan yang membuat saya mulai melihatnya dengan cara yang berbeda.

Lalu ia bicara, dan saya mendengarkan. Terpana, mungkin lebih tepatnya. Saya tidak ingin cepat cepat pergi dari hadapannya namun saya juga semakin tidak sanggup menahan luapan rasa bahagia yang sudah ingin meledak dari dalam dada.

Pertemuan singkat yang memberikan saya alasan lagi untuk tersenyum malam hari ini.

Saya tidak akan berharap. Saya berjanji. Sudah sedari awal saya menyimpan rasa ini sebagai alasan untuk tersenyum diam diam setiap harinya. Menyimpan memori ini sendirian untuk diingat ketika realita terasa menggigit.

Tampaknya kini logika, perasaan, dan alam semesta sudah bisa bekerja sama. Alam semesta yang merancang pertemuan pertemuan tak sengaja di latar bagaikan di layar lebar. Perasaan yang membangkitkan cinta setiap ia tersenyum. Logika yang selalu memegang prinsip bahwa dirinya bukan untuk saya, baik sekarang maupun selamanya.

Ia tidak akan tahu cerita ini.

Ia tidak akan tahu bahwa hari ini ia sudah menjadikan hidup seseorang lebih bahagia.

Cukup saya yang tahu. Dan kalian.

Leave a Reply

