saya perempuan dan saya memimpin

I blame Lionita Irianti Ginting.

Kemarin dia menyarankan topik ini sebagai topik VERSUS minggu ini. Perempuan sebagai pemimpin. Sebagai produser yang baik, saya mencari beberapa artikel tentang topik ini. Dan secara tidak langsung saya jadi lebih memahami diri saya yang belum genap sebulan dalam memimpin sebuah unit kegiatan mahasiswa di kampus.

Beberapa poin dari artikel artikel ini lumayan menyentil saya, membuat saya berkata hmm iya juga ya”

Kelebihan perempuan sebagai pemimpin :

Kepiawaian Membujuk. bener gak ya? dari pengalaman saya mengajak orang untuk kerja bareng sih gak begitu susah. Ya ada sih yang ditolak (again, tag lionita haha), tapi hampir semuanya lancar lancar saja

Memiliki sikap positif. Nice! Saya sendiri merasa saya orang yang cukup positif, luwes dan ramah hehehehe

Jiwa menolong yang sangat tinggi. Iya juga ya, entah saya yang memang suka ikut ngurusin orang lain (atau semua perempuan juga begitu?) tapi kayanya memang ini adalah salah satu faktor yang dibutuhkan oleh pemimpin ya? Harus bisa multitasking dan mengurus berbagai hal

Memiliki Kharisma. Hwakwauu ini saya gak yakin sih. Mungkin, atau enggak? Hahaha. Tapi jika mengutip artikel ini : “Meski banyak hal yang menyita pikiran, Anda tetap berhasil menuntaskan pekerjaan dan tanggung jawab di kantor” ya benar juga sih… Tapi tampaknya saya masih harus mengumpulkan banyak faktor dalam memupuk si kharisma tersebut.

Berani Mengambil Risiko. Huff… ini kayanya yang masih jauh dari saya. Masih harus banyak belajar untuk memupuk keberanian.

Kelemahan perempuan sebagai pemimpin

Sulit mengatur ritme hormonal. Yeah rite! Tampaknya memang ini adalah kelemahan setiap perempuan. Tiap bulan ada aja masa masanya yang gak bisa diganggu gugat. Saya sendiri sudah mulai belajar untuk mengatur si gejolak hormon ini, maksimal 1 hari aja ‘senggol bacok’nya.

Tidak bisa mendelegasikan tugas. Ini adalah tantangan terbesar saya hingga saat ini. Saya masih merasa sulit melepas 1 pekerjaan kepada orang lain. Kalau bukan saya yang mengerjakan, pasti akhirnya saya terus menerus sms dan mengecek. Akibatnya saya jadi capek sendiri juga ketika satu per satu orang ‘mengadu’ kepada saya padahal mereka punya atasan lain sebelum saya. Hingga sekarang saya masih berusaha untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini.

Sikap cengeng atau asertif yang tidak begitu mudah dihilangkan. Satu lagi yang masih belum bisa saya hindari. Ketika dalam tekanan tinggi, pasti ada momen dimana saya mencari tempat untuk menangis sendirian. Pengakuan nih ya, sebelum opening dan sebelum closing kemarin saya menelpon ibu dan menangis. Cara menghilangkannya? aduh gimana yaaa? XP

Tidak berani mengambil keputusan yang berisiko. Sudah mulai bisa nih! Setelah dulu dulu selalu menunggu orang lain untuk meyakinkan, akhir akhir ini saya mulai berani mengambil keputusan walaupun ada beberapa pihak yang kurang setuju, namun saya sudah paham risikonya.

Kesulitan dalam meraih dan menentukan persoalan perusahaan. Betul sekali, dan masih sulit juga. Memahami keadaan, kelebihan kekurangannya, kondisi saat ini. Saya masih membutuhkan waktu lama untuk menjalankannya.

Ya, ini sebagai sharing aja ya teman teman. Saya sendiri masih belajar untuk menjadi pemimpin yang baik. Posisi sebagai perempuan ada kelebihan dan kelemahannya, namun pada akhirnya semua tidak ada hubungannya dengan gender. Semuanya kembali kepada niatan dan tekad kita πŸ™‚

Dan saya berharap di akhir kepengurusan nanti, saya bisa melihat kembali postingan ini dan memberikan komentar berbeda karena sudah ada bagian dari diri saya yang berkembang!

Kalau ada masukan atau sharing dari teman teman ditunggu banget lho!

null
sedikit pengalaman ketika memimpin πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “saya perempuan dan saya memimpin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s