Menulis tentang menulis

Di dunia ini banyak sekali orang yang memiliki pemikiran pemikiran yang unik dan menarik. Kritis, wawasan luas, pendapat pendapat yang bagus. Tentu saja tidak ada gunanya bila pemikiran itu hanya disimpan bagi dirinya sendiri. Mubazir, istilahnya.

Ada juga orang yang memiliki pengalaman pengalaman menarik karena suka mengikuti berbagai kegiatan. Akan amat disayangkan bila pengalaman itu hanya disimpan bagi diri sendiri.

Kita diajarkan untuk berbagi. Salah satunya adalah dengan berbagi cerita. Cerita dapat berupa pengalaman, pemikiran, uneg uneg, curhat, dan lain lain. Ada kalanya kita ingin bercerita langsung kepada orang lain namun muncul keterbatasan berupa ruang dan waktu. Solusinya adalah menceritakannya lewat tulisan dan tentu saja mempublikasikan tulisan tersebut agar orang lain bisa membacanya.

Kadang kadang agak kecewa juga jika ada teman yang baru selesai mengikuti suatu kegiatan yang sangat menarik namun dia tidak punya blog/tumblr. Apalagi kalau kebetulan teman tersebut bukan yang terlalu dekat dengan saya sehingga bisa saya tarik dan paksa dia buat cerita hahaha. Kemungkinan juga dia sudah bosan menceritakan hal yang sama berulang ulang.

Itulah alasan saya menyukai blog. Saya mungkin tidak terlalu dekat dengan orang tersebut di dunia nyata, atau bahkan belum pernah bertemu. Namun saya bisa mengikuti pengalaman pengalaman menariknya, dengan gaya bahasanya sendiri tanpa ditambah tambahi.

Selain itu dengan terbiasa menulis, saya jadi menghayati kegiatan sehari hari saya dengan sungguh sungguh. Mungkin kita merasa yang biasa kita lakukan ya normal normal saja, tidak ada yang spesial. Namun dengan menceritakannya kembali lewat tulisan, kita bisa mengeksplor semua sisi dari suatu peristiwa. Selain itu, kebiasaan menulis membuat saya semakin ingin mencapai sesuatu yang lebih dalam hidup saya. Kenapa? Agar ada bahan untuk ditulis. Hehehe. Alasan yang agak aneh dan kebalik mungkin ya?

Saya sering merasa terinspirasi lewat tulisan orang orang di blognya. Saya juga ingin tulisan saya menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, saya jadi semakin ingin melakukan banyak hal menarik yang bisa menginspirasi banyak orang. Kira kira seperti itu jalan pikiran saya.

Tulisan ini saya buat untuk teman teman saya yang masih belum berani mempublikasikan pemikiran dan pengalamannya via dunia maya. Tidak ada yang perlu ditakutkan sebenarnya. Takut kehidupan pribadi terlalu terekspos? Kita bisa membuat sendiri batasnya. Takut tulisan terkesan terlalu sederhana dan tidak menarik? Selalu ada yang menarik dari hidup setiap insan manusia. Takut tidak rajin menulis? Biasakan, maka akan jadi kebutuhan 🙂

Anyway, si salah satu teman saya yang masih belum berani ngeblog ini beberapa hari lalu bertanya pada saya.

Lo pertama kali nulis kapan ti?

Hmmm, kalo pertama kali nulis di dunia maya sih, dimulai dari adanya fasilitas blog friendster. Silakan dilihat di http://miss-smile.blog.friendster.com. Masih pake huruf besar kecil ternyata ckckckck hahahha

4 thoughts on “Menulis tentang menulis

Leave a Reply

