Terang dan Redup

Sambil menunggu hujan reda, dia berpikir. Bagaimana mekanisme cinta?

Aah dasar anak teknik, mekanisme saja dipikirkannya. Namun lagi dan lagi, ia tidak menemukan jawabannya. Pertanyaan ini muncul bukan tanpa sebab. Pertanyaan ini muncul karena ia sudah tak paham lagi dengan hatinya.

Sehari hari ia berinteraksi dengan seorang pria, auranya Terang. Ia bisa mengobrol berjam jam dengan Terang, bertukar pikiran, satu selera. Terang itu pintar, santun, dan baik hati. Tidak merokok, bisa tertawa dengan lawakan yang sama, dan… yah memang tidak semua kriteria yang diinginkannya ada pada Terang. Tetapi ia suka berbagi cerita dengan Terang.

Tetapi ada yang kurang. Ia belum menemukan momen itu. Momen pemicu perasaan itu.

Di sisi lain, ia mengenal si pria lain, auranya Redup. Saat pertama kali bertemu dengan Redup, ia takut dan tidak simpatik. Namun karena satu dan lain hal ia harus berinteraksi terus menerus dengan Redup. Ia tidak paham selera musik, film, dan ideologi ideologi Redup. Tidak paham dan tidak merasa perlu paham. Redup merokok, dan meskipun Redup tampan dan enak dilihat, tetap saja itu tidak menarik perhatiannya. Pada awalnya.

Hingga momen itu entah darimana datang. Momen yang ditemani oleh hujan antara dirinya dan Redup. Momen yang hanya bertahan beberapa detik di dunia nyata namun melekat dalam ingatannya hingga detik ini. Sejak itu ia melihat Redup secara berbeda.

Senyum di wajah Redup merupakan suatu hal yang langka namun ia tak henti hentinya berusaha untuk memunculkan senyuman itu. Ia mengobrol panjang dengan Redup untuk mengeksplor pemikirannya, walaupun itu berarti sedikit sedikit bersinggungan dengan asap rokok. Ia kembali bersemangat ketika dari jauh Redup sudah menyapanya.

Lalu ia kembali berpikir. Itu tak masuk akal.

Hingga akhirnya dia mencapai kesimpulan.

Cinta tak pernah masuk akal.

Advertisements

One thought on “Terang dan Redup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s