Kata mereka : ‘temukan passion-mu’

Akhir akhir ini passion jadi trending topic deh. Kosa kata baru. Penyebab galau tipe baru. Hahaha.

Passion akan terasa sekali ketika kita sudah memiliki pekerjaan. Apakah melakukan pekerjaan itu membuat kita stress? Apakah kita merasa terpaksa? Ataukah kita justru bahagia dengan semua tantangan yang muncul setiap harinya? Di situ kita akan bisa melihat passion kita, ketika kita bekerja atas dasar kebahagiaan hati, bukan sekedar jabatan dan alasan ekonomi.

Saya beruntung sempat mendengarkan sharing pengalaman Rene Suhardono (yang disebut sebut sebagai ‘Bapak Passion Indonesia’) di Young On Top National Conference tempo hari. Ada beberapa hal yang Coach Rene sampaikan yang masih membekas di ingatan saya.
null

Yang pertama, passion bukan jatuh dari langit. Gak bisa tuh ditungguin aja supaya tiba tiba muncul. Passion itu harus dicari. Bagaimana cara mencarinya? Be honest with yourself, mau cari pengalaman, dan yang paling penting ‘think less feel more’ Yang kedua, passion bukan tentang pekerjaan tapi aktivitas. Pekerjaan bisa apa aja: swasta, pemerintah, freelance, gaji kecil, gaji besar, dll. Tapi ketika apa yang kita lakukan di pekerjaan tersebut membuat kita bahagia dan selalu ingin mengeksplor lebih, itulah passion kita.

Kemarin saya juga berkesempatan untuk mengikuti Kick Andy Off Air dengan tema Lentera Jiwa. Acara itu memperlihatkan bagaimana hasil kerja orang orang yang bekerja mengikuti lentera jiwanya (a.k.a passion) dan bukan karena tuntutan pihak lain maupun alasan ekonomi. Singkatnya sih, mereka jadi lebih bahagia.

(Tapi sebenarnya saya agak kecewa krn narasumber yang ditampilkan agak timpang. Semuanya memilih jalur pekerjaan di luar pendidikannya seakan akan pendidikan tinggi adalah ‘keterpaksaan’ oke tapi ini out of topic)

Mereka bilang : beruntunglah kamu yang sudah menemukan passion sejak dini.

Bagaimana dengan saya?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s