Cinta Platonik (?)

Pernah dengar tentang cinta platonik? Katanya sih asalnya dari statement Plato tentang cinta tanpa eros. Cinta tanpa gairah seksual. Itu singkatnya.

Saya dulu juga tidak begitu mengerti konsep cinta platonik, ataupun percaya. Katanya cinta platonik itu seperti konsep orang tua-anak, kakak adik, atau biasanya yang usianya terpaut jauh. Lalu ada beberapa hubungan ‘adik-kakak’ antara lawan jenis yang dikatakan sebagai cinta platonik. Walaupun akhirnya si hubungan ‘adik-kakak’ itu berubah jadi hubungan cinta beneran sih haha.

Mereka bilang kamu akan baru tahu artinya ketika sudah merasakan.

Mungkin benar.

Rasanya kira kira seperti ini. Berada di sampingnya akan membuat semua hal terasa benar, beres, dan memiliki solusi. Bercerita padanya akan memberikan kelegaan luar biasa. Menjadi telinga bagi semua curhatnya membuat saya bahagia. Tapi tidak ada rasa ingin memiliki. Rasanya sedetik pun tidak pernah terpikir untuk menjadi satu ‘pasangan’ dengannya. Saya hanya ingin selalu menjadi bagian dari hidupnya, menikmati waktu bersamanya, dan menertawakan kebodohan yang tak pernah habis.

Teman? Saat saya menghabiskan waktu dengan dia dan bersama 1 orang lain yang juga teman, rasanya berbeda. Tidak ada ‘butterfly in your stomach’ ketika bertemu dengannya, yang ada ialah wajah penuh senyum saat ada dia di samping saya. Tidak ada keinginan untuk memeluknya lalu tak melepas, yang ada ialah keinginan untuk bertemu lagi dan lagi. Tidak ada kesunyian yang kaku karena lidah kelu, yang ada ialah binar bahagia tiap pertemuan.

Apakah ini yang dinamakan cinta platonik?

Saya butuh jawabannya.

(bila ada yang merasa sebagai subjek yang diceritakan di atas : yes, I love you. in platonic way)

 

Advertisements

4 thoughts on “Cinta Platonik (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s