Broken Heart Syndrome

Ketika ditinggalkan seseorang yang sangat kita sayangi, mungkin sebagian dari kita akan merasakan sesak di dada. Dada ini sakit, sulit bernafas, dan rasanya berat. Bukan, itu bukan perasaan mengada ngada karena ternyata ada penjelasan medisnya.

Ada yang disebut dengan Takotsubo Syndrome atau dikenal juga dengan nama Broken Heart Syndrome. Takotsubo artinya perangkap gurita dalam bahasa Jepang. Gejalanya adalah sakit di dada (biasanya di sebelah kiri) dan kalau yang terasa banget biasanya tampak seperti serangan jantung. Apa yang terjadi?

Ketika kita stress (biasanya karena patah hati), ada beberapa jenis hormon yang mempengaruhi kerja otot otot jantung. Salah satunya akan memperlemah kerja otot jantung dan menyebabkan timbulnya gelembung di ventrikel kiri. Inilah yang menyebabkan dada sakit dan berat untuk bernafas.

Saya mendengar kondisi ini saat menonton Royal Pain tadi pagi dan kemudian googling dikit. Entah kenapa terdengar familiar. Hmmm mungkin karena saya pribadi mungkin pernah merasakan si sakit dada dan sulit bernafas itu ya beberapa bulan (atau minggu? :p) lalu. Gak nyangka juga bahwa ada penjelasan medis tentang sakit yang saya kira hanya buatan saya sendiri.

Saya gak yakin sih semua yang patah hati bakal mengalami hal ini. Tapi kalau kamu mengalaminya sekarang, just relax! Anggap saja ini suatu hal yang wajar dan ada penjelasan medisnya. Bahwa ini merupakan suatu proses yang mungkin harus kamu lewati untuk selanjutnya merasa lebih baik.

Satu kalimat yang cukup menarik buat saya, menandakan bahwa tidak ada alasan bagi kita untuk berlama lama larut dalam patah hati

The symptoms of broken heart syndrome are treatable, and the condition usually reverses itself in about a week.

 

Advertisements

One thought on “Broken Heart Syndrome

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s