Susah tapi bisa untuk Kulap TL 2012 (part 1)

Tampaknya kata kata itu yang paling pas untuk menggambarkan perjuangan kami, angkatan 2008 Teknik Lingkungan ITB (disebut juga Bhupalaka), agar berhasil menyelenggarakan Kuliah Lapangan TL ITB 2012 ke Batam & Singapura selama 5 hari. Ya, saya meminjam frasa dari @pandji. Dan, ya, ini akan menjadi posting yang panjang 🙂

null

Kuliah Lapangan ke Singapura

8 Januari 2012: The D Day!!

Kami berangkat terpisah menjadi 5 flight. Penerbangan saya tertunda karena ada kerusakan di pesawat sehingga setelah terbang selama kira kira 15 menit, kami mendarat lagi. Untung sisa perjalanan berlangsung aman sehingga kami bisa sampai di Bandara Hang Nadim, Batam.

Hari minggu itu kami habiskan dengan mengeksplor kota Batam. Saya dan beberapa teman pergi ke gereja dan kemudian menikmati suasana Batam di waktu malam, sekalian karena ‘nyasar’ sampai Nagoya Hill (pusat perbelanjaan di Batam) hehehehe. Ohya, di Batam kami menginap di Asrama Haji yang terletak di Batam Center.

null

Bandara Hang Nadim

null

bersama sori, listra, titin, dyesti, theo

9 Januari 2012: Dalemnya kota Batam

Salah satu alasan kami memilih Batam adalah karena kota ini memiliki sistem pemerintahan yang agak beda dengan daerah lainnya, termasuk dalam pengelolaan limbah dan air minum. Oleh karena itu, di hari pertama kami berkunjung ke kantor Otorita Batam, atau yang disebut juga BP Batam. Disini kami mendapat pengantar tentang kota Batam secara umum serta garis besar penanganan limbah dan air minumnya.

Ternyata pemahaman saya tentang kota yang jadi tempat kunjungan kulap ini gak segitu dalamnya. Baru sara pas habis dengerin kuliah umumnya. Batam itu pulau yang tidak terlalu besar, tapi ukurannya 2,5 kali Singapura. Harusnya bisa lebih memanfaatkan lahannya dengan baik dong. Batam didominasi pelabuhan, karena perdagangan disini lebih mudah. Batam juga kota industri dengan banyaknya perusahaan yang membuka pabriknya disini. Oleh karena itu Batam punya pengolahan limbah B3 sendiri.

null

Kuliah Umum

null

Halaman depan BP Batam

null

niru hollywood

Dari BP Batam, kami berpisah menjadi 3 kelompok untuk melakukan survey sebagai tugas dari Departemen Pekerjaan Umum (PU). Kelompoknya yaitu PLP, Air minum, dan Bangkim (Pengembangan Pemukiman). Saya masuk di kelompok Bangkim. Kelompok kami ditugaskan survey ke daerah pemukiman kumuh di Baloi dan rusunawa di Tanjung Encang. Survey survey seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali kami lakukan di beberapa mata kuliah. Tapi lumayan juga bisa melihat sisi lain dari Batam.

Penduduk Batam itu multietnis dan agama. Orang Batak, Melayu, Minang, Cina, Jawa ada semua. Untungnya di kelompok kami ada orang Batak dan Minang sekaligus jadi ketika mewawancara tidak terlalu kesulitan. Keluarkan logat sedikit, langsung lunak deh. Kami banyak mewawancara tentang kondisi lingkungan di kawasan kumuh & rusunawa serta beberapa isu sosial di kawasan itu.

null

Drainase di pemukiman rumah liar

null

ada BMW di kawasan rumah liar

null

rusunawa

Saat mewawancarai salah seorang warga, katanya ‘belum ke batam kalau belum ke barelang.’ Barelang disini adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Batam sebagai pulau paling besar dengan pulau pulau lainnya. Atas dasar itu, kami pun meminta pak supir bus mampir bentar di perjalanan pulang karena searah. Dan dalam waktu singkat, kami berhasil foto foto dan menangkap seberkas sunset.

null

Jembatan Barelang *panoramic style*

null

null
10 Januari 2012: Air banget!!

Yang istimewa dari Batam ialah, air bersih di kota ini dikelola oleh pihak swasta yaitu PT Adhya Tirta Batam (ATB) dan ini sudah berjalan puluhan tahun. Masuknya pihak swasta menjadikan pengelolaan lebih rapi dan berefek pada kualitas serta kuantitas air yang dihasilkan. Kami mengunjungi kantor pusat ATB untuk mendapatkan penjelasan sistem kerja, serta mengunjungi water treatment plant & waduk Duriangkang, yaitu waduk terbesar di Batam.

null

null

null

null

null
<bersambung>

Advertisements

2 thoughts on “Susah tapi bisa untuk Kulap TL 2012 (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s