#29gifts

Jadi saya meminjam buku milik adik saya. Judulnya 29 gifts. Ditulis oleh Cami Walker.

Saya tidak akan menulis resensi bukunya, tapi tentang gerakan yang dimulai oleh Cami. Yaitu Tantangan Memberi Selama 29 Hari. Novel ini menjelaskan 29 hari pertama Cami dalam memberi dan bagaimana gerakan itu telah mengubah hidupnya dan mengubah cara pandangnya.

Bentuknya adalah seperti ini: setiap hari selama 29 hari, kita harus melakukan pemberian minimal satu kali dan kemudian membuat tulisan tentang pemberian itu. Pemberian itu harus direncanakan dan dilakukan dengan tulus tanpa mengharapkan apa apa. Ketika 1 hari terlewat tanpa melakukan pemberian atau mencatatnya, kita harus memulainya dari hari 1 lagi. Pemberian itu bisa berupa apa saja. Barang, uang, waktu, perhatian, telepon, senyum, apapun itu.

Cami melakukan pemberian agar bisa lebih memperhatikan hal hal lain selain penyakit yang dideritanya, Multiple Sklerosis. Selama 29 hari ia melakukannya, ia jadi mampu berjalan lebih jauh, mendapatkan pekerjaan lebih banyak, makin mencintai suaminya, menjalin pertemanan dengan lebih luas, makin ikhlas, dan yang pasti membuatnya terus merasa bersyukur.

Saat pertama membaca, saya merasa perlu melakukannya. Saya termasuk golongan orang yang pelit apalagi dalam hal uang. Itu tantangan pertama saya. Saya juga merasa hari hari ini saya sangat sibuk, mungkin karena ingin memanfaatkan waktu di kampus ini dengan sangat maksimal sehingga saya tidak yakin bisa menyempatkan waktu untuk memikirkan hal hal kecil ini dan takutnya justru terlewat.

Tapi saya mencoba melihatnya sebagai tantangan dan memulai #29gifts hari Sabtu lalu. Sekarang adalah hari keenam saya dan rasanya selalu tak sabar untuk memikirkan ‘pemberian apa lagi yang bisa saya lakukan?’ Saya menuliskan semuanya tapi saya taruh di catatan pribadi. Mungkin sebagian orang merasa jika menampilkan apa yang kita berikan, kesannya jadi pamer dan gak tulus. Tapi kalau dari sudut pandang saya, itu adalah cara untuk menginspirasi orang lain. Mungkin nanti akan saya post pemberian tiap harinya, tapi tidak sekarang.

Saya tahu, perubahan yang akan saya rasakan pun tergantung diri saya juga dan aaaah saya belum tahu saja. Coba kita tunggu hingga hari ke 29 šŸ™‚

 

4 thoughts on “#29gifts

Leave a Reply

