Klepon Buatan Orang Belanda (?)

Di area Pasar Simpang, ada penjual jajanan tradisional. Saya hampir setiap hari dan dia juga setiap hari berjualan namun saya belum pernah membeli hingga beberapa hari yang lalu. Rutinitas pulang sebelum maghrib membuat saya lapar setiap jam 4 sore (apa hubungannya?) dan saya ingin mencoba jajanan yang saya lihat tiap hari itu.

null

Enak lho!

Pedagangnya menjual klepon, kue putu, putu mayang, dan beberapa jenis makanan yang lain. Sekarang saya mau coba bahas yang paling menjadi favorit saya yaitu KLEPON!

Klepon adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan dan berisi gula merah yang dicairkan. Warna hijaunya berasal dari pewarna alami yaitu daun pandan. Bagian luarnya dibalur dengan parutan kelapa. Enaknya klepon akan terasa ketika cairan gula merahnya keluar saat digigit. Nyemmmm :9

Klepon gampang ditemukan kok, seperti misalnya di Pasar Simpang. Di salah satu kantin di ITB juga ada. Normalnya sih akan tersedia banyak ketika ada acara keluarga, jadi suguhan. Atau mungkin di kue kotak seminar. Singkatnya sih, sayang banget kalau ada yang belum pernah mencicipi atau bahkan melihat klepon.

Bikin klepon itu mudah lho! Saya dan beberapa teman pernah mencobanya dalam rangka ulang tahun si judes Richita. Walaupun si klepon albino (karena gak punya daun pandan), rasanya enak lho! Kalau resep klepon yang sebenar benarnya seperti ini nih.

Bahan:
250 g tepung ketan
1 sdm air daun pandan suji
1 sdt air kapur sirih
½ sdt garam
150 ml air matang
Isi:
150 g gula merah, sisir halus
Lapisan:
150 g kelapa parut memanjang

Cara membuat:

  • Aduk tepung ketan dengan air daun pandan, air kapur sirih dan garam hingga rata.
  • Tuangi air sedikit demi sedikit sambil aduk hingga adonan dapat dibentuk. Diamkan selama 15 menit.
  • Ambil 1 sdt adonan, bulatkan, pipihkan, isi dengan sedikit gula merah, bulatkan kembali.
  • Rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan dalam kelapa parut hingga rata.
  • Sajikan dalam mangkuk daun pisang (sudi)
null

Langkah langkah membuat klepon


Saya berpikir, jangan sampai generasi muda berikutnya gak bisa bikin jajanan pasar sendiri. Bisa bisa kita belajar bikin klepon dari orang Belanda.

Tapi di sela sela kekhawatiran itu, masih ada anak muda yang segitu sukanya sama jajanan pasar tradisional sampai terinspirasi untuk bikin game “Klepon Stack” Si pembuat game (anak UI 2008) memenangkan kompetisi aplikasi Nokia Asha Apps dan beruntung bisa ke Finlandia untuk belajar dr pembuat “Angry Bird”

null

nyusun klepon sama wajik :3

Berawal dari rasa ngidam klepon tapi sebenarnya kenyang dan di luar hujan, jadi nulis panjang. Buat yang baca, yuk kita makan yang banyak jajanan pasar tradisional ini. Mereka takut kalah pamor sama cupcakes, macaroon, dan rainbow cake katanya.

Sumber foto: ini, ini, ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s