bahasa bunga

Saya yakin gak ada yang gak suka dikasih bunga. Walaupun si orangnya bilang “ah, bunga kan gak bisa dimakan” tetap aja pasti senyum tersipu bahagia pas dikasih bunga. Bunga biasanya dijadikan sebagai simbol kasih sayang, ucapan selamat atas keberhasilan, sampai ucapan dukacita. Nah, sekarang saya cuma ingin membahas bunga sebagai simbol ucapan selamat nih.

Berhubung saya mahasiswa, saya dan teman teman biasanya memberikan bunga sebagai ucapan selamat setelah sidang sarjana atau saat wisuda. Berhubung mahasiswa juga, segalanya mau yang hemat kan. Jadilah biasanya kami kami di Bandung ini beli bunga di suatu daerah namanya Wastu Kencana.

Berhubung sudah mau memasuki masa sidang dan kemudian wisuda, saya mau berbagi sedikit pengalaman beli bunga di wastu kencana. Tips yang sangat remeh temeh sekali ya? Tidak apa apa hahaha. Tulisan ini berdasarkan pengalaman beli bunga sendiri sejak beberapa kali wisuda dan sidang serta setelah beberapa kali dititipin orang.

Pertama, tentukan budget anda. Budget ini akan menentukan jenis bunga yang akan anda beli. Paling mahal itu Lily, sekitar 12-15ribu per tangkai. Mawar yang untuk dirangkai biasanya 5-7ribu per tangkai. Sedangkan garbera atau chrysant antara 3-5ribu. Biasanya orang akan ingin karangan bunga yang besar atau gemuk supaya terlihat lebih bagus. Sedikit tips, mawar itu mahal tapi kurus dan gak mekar jadi keluar 100 ribu pun belum tentu dapet mawar dengan buket besar. Garbera lebih cocok.

Kedua, tentukan kamu mau jenis bunga apa. Dulu biasanya mikir tiap jenis atau warna bunga ada artinya, sekarang sih jarang kepikiran kaya begitu. Yang penting sesuai dengan kesukaan si yang mau dikasih atau justru kesukaan kita hahaha. Biasanya sih orang lebih suka karangan bunga yang satu jenis bunga aja. Saya juga setuju, satu jenis bunga lebih bagus daripada menggabungkan mawar dengan garbera atau memaksakan 1 tangkai lily di kerumunan bunga yang lain. Biji aster biasanya digunakan sebagai pelengkap rangkaian.

Ketiga, pilih bunga yang kondisinya bagus. Ya iya lah ya. Lebih baik milih sendiri daripada abangnya yang milihin.

Keempat, nawar dan nawar! Kenapa saya kasih harga di atas pake range? karena abangnya lumayan sesuka mood nentuin harga. Sebagai perbandingan, 20ribu sudah bisa mendapatkan 5 tangkai garbera yang dirangkai dengan aster, lumayan besar juga. Buat yang budgetnya terbatas atau mau beli banyak, mending minta dirangkai aster aja karena murah dan bisa terlihat lebih besar dibanding setangkai garbera atau mawar. Buat yang budgetnya besar 100ribu ke atas, mending mawar atau lily.

Yak sekilas tips dari saya. Maaf kesannya remeh sekali ini hanya distraksi dari hal hal lain yang memenuhi pikiran hahaha.

null

lily

null

mawar

null

garbera

null

chrysant

null

aster

Advertisements

2 thoughts on “bahasa bunga

  1. Ah ya, Wastu Kencana. Best purchase there: mahkota dari bunga-bunga kecil, special request minta bikinin ke mamang-mamangnya buat kostum cewek-cewek pas wisudaan. Jadi berasa kayak cewek-cewek cakep di poto-poto tumblr. Best 15ribu purchase ever 😉

  2. Menarik. Sedikit nambahin atau meralat atau apalah bahasanya. Abang bunga itu ga cuma nentuin harga sesuai mood, tapi sesuai season. Kalau bunga itu sdg ramai dicari orang, biasanya harga naik, ky mawar pas valentine. Kalau bunga itu sdg susah didapat krn gagal panen dll, harga juga pasti naik. Kalau bunga itu asalnya dari biji yg berkualitas (misalnya kalo mawar dr besar kelopaknya), biasanya harganya juga lebih mahal Jadi kalo nawar juga musti diliat2 kualitas bunganya 🙂 *maap anak tukang bunga*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s