catatan perjalanan Gunung Padang – Curug Cikondang

Pernah mendengar tentang Gunung Padang?

Gunung Padang bukan gunung beneran semacam Gunung Merapi atau Gunung Gede. Gunung Padang adalah situs megalithikum yang letaknya di daerah Cianjur. Usianya sudah ribuan tahun sebelum masehi dan dulunya dipakai sebagai tempat peribadatan & tempat berkumpul orang orang megalithikum. Akhir akhir ini Gunung Padang jadi ‘hip’ lagi karena diduga ada piramid di dalamnya. Wow! Selengkapnya bisa cek di link ini dan ini

Saya akan berbagi cerita perjalanan saya dan 27 teman seangkatan saya ke Gunung Padang. Mengapa bisa terpikir untuk jalan jalan kesini? Salahkan agnindhira

null

cantik kan? jomblo lho!

Menanggapi usul agni, ada dida & afifah sebagai eksekutor yang dengan segala persiapannya berhasil memberangkatkan 28 orang dari Bandung – Cianjur – Bandung naik kendaraan umum! Liburan satu hari yang pas sekali bagi kami mahasiswa tingkat akhir yang baru selesai UTS. Tulisan ini dibuat sebagai kenang kenangan angkatan sekaligus arahan buat temen temen lain yang berniat jalan jalan ke Gunung Padang untuk wisata. Semoga membantu!

__________________________________

Minggu, 18 Maret 2012 | 04.30 | McD Simpang Dago

Sebagian besar dari kami kumpul dulu dari McD untuk kemudian berangkat bareng bareng ke Stasiun Ciroyom sedangkan yang lainnya ada yang menyusul di Ciroyom ataupun di Padalarang. Selesai shalat shubuh, kami naik angkot Caheum – Ciroyom untuk mengejar kereta pukul 06.00

06.00 | Stasiun Ciroyom

Saat kami tiba, bahkan loket belum buka. Stasiun kebanyakan berisi para pedagang yang mau naik kereta. Ohya jangan kebayang stasiun kaya Gambir gitu ya, stasiunnya kecil & nyelip di antara pasar.

null

Si ibu gak mau kalah gaul di foto

Kami naik kereta ekonomi Ciroyom – Padalarang dengan harga tiket 1000 rupiah saja. Wow! Saya aja naik angkot kosan – McD 1500 hahaha. Dan memang saya pertama kali naik kereta ekonomi seperti ini. Tapi karena rame rame jadi lebih seru lah
null null

07.00 – 08.30 | Stasiun Padalarang

Kereta ke Cianjur baru ada jam 08.30 dan hanya ada 2 gerbong. Jadi kami jalan di sekitar stasiun sambil membeli makan siang dibungkus supaya bisa makan di atas gunung padang. Kereta Padalarang – Cianjur tiketnya hanya Rp 1500 lho! Kami lumayan senang dengan hal ini sampai melihat pengumuman berikut

null

dari 1500 jadi 10000!

Jadi kami kurang tahu juga apakah keretanya akan diganti atau gimana. Yang pasti sih mulai beberapa hari lagi, gak ada nih kereta murah 1500an hehehe. Katanya sih, sepanjang perjalanan ke Cianjur banyak pemandangan yang menarik untuk dilihat seperti Karst Citatah, dll. Namun dikarenakan anginnya lumayan enak buat tidur, jadilah saya melewatkan pemandangan bagus itu.

10.30 | Stasiun Cianjur

null

Sampai di Cianjur!

Ternyata perjalanan dari Kota Cianjur ke Gunung Padang tuh masih lumayan jauh. Sebelum berangkat, dida & afifah jg sempat bingung bagaimana membawa 28 orang ini. Mau sewa angkot, katanya gak bakal kuat lewatin jalannya. Mau nyewa elf, gak ada nomor kontaknya. Akhirnya dengan dibantu omnya fifah, kami berhasil menyewa 2 mobil L300 yang bisa mengangkut kami semua! Perjalanan emang jauh, berkelok, rusak, gitu deh. Tapi pemandangannya seru!

null null

11.30 | Stasiun Lampegan

Bukan, kami bukan mau naik kereta lagi. Jadi, di dekat Gunung Padang ada stasiun dan terowongan bikinan Belanda yang namanya Lampegan. Dulu, pengunjung yang mau ke Gunung Padang bisa turun di stasiun Lampegan namun sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Kenapa menarik? Karena terowongan Lampegan sepanjang 686 meter merupakan salah satu terowongan jalan kereta api tertua yang pernah dibangun pemerintah Hindia Belanda di Indonesia.

null null

12.15 | Parkiran Gunung Padang

Sampai di lokasi! Tapi kami harus mendaki 380 anak tangga dulu kawan! Sebagian dari kami shalat terlebih dahulu, lalu kami membayar biaya masuk. Dulunya, pengunjung gunung padang hanya diminta memberi retribusi seikhlasnya. Sekarang, Gunung Padang sudah dikelola dinas kebudayaan dan setiap orang yang masuk membayar Rp 1000

null null

Setelah mendaki tangga yang cukup terjal dan bikin kaki lumayan tegang, akhirnya kami sampai juga!!

13.00 | Puncak Gunung Padang

null null

Kebayang kan kaya apa? Gunung Padang ini luasnya 25 hektar dan ada 5 teras. Setelah istirahat dan makan siang, kami mulai berkeliling, foto foto, dan sok manjat manjat. Lalu kami menyewa seorang guide untuk menjelaskan sejarah dan keunikan Gunung Padang.

Gunung Padang adalah situs megalithikum tertua dan terbesar di Asia Tenggara. Dulunya diperkirakan sebagai tempat berdoa & berkumpul orang megalithikum. Kita bisa melihat bentuk beberapa ruangan di sini. Ada ruangan tempat berkumpul, tempat berdoa, sampai ruang musik. Nah, gunung padang ini erat banget sama angka 5. Batu batunya hampir semuanya bersudut 5, ada 5 teras, dikelilingi 5 desa, hmm apa lagi ya? Haha banyak deh.

Batu batunya juga banyak yang unik. Saya tampilkan dalam foto ya

null

batu lumbung bentuknya bulat

null

ada ukiran kujang (senjata asli Jabar)

null

wow! ada tapak harimau

null

batu musik! bunyinya seperti gamelan

null

dolmen, untuk mempersiapkan hewan persembahan

null

kalau bisa angkat batu ini, katanya cita citanya terkabul

Yang saya perhatikan adalah: karena kami datang pada hari minggu, situs ini lumayan rame. Dari ibu ibu sampai anak pramuka ada. Selain itu, sekarang ada beberapa tempat sampah jadi gak ada alasan untuk buang sampah sembarangan. Selain itu, Gunung Padang kini sedang diteliti terkait kemungkinan adanya piramida di bawahnya. Wah! Teori ini sendiri banyak pro kontra-nya. Tapi lumayan juga nih kalau terbukti benar, nanti kami bisa ngaku ngaku “wah udah pernah ke piramid!”

15.30 | Turun dari Gunung Padang

Jalan turun tentu lebih mudah, tapi tetap saja begitu sampai bawah, kaki kami bergetar hahaha. Istirahat, ke WC (lumayan bersih), kami lalu melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu Curug Cikondang. Katanya nanggung sih kalau gak kesana. Saya sebelumnya belum pernah ke curug. Paling pernahnya ke Tawang Mangu. Ternyata oh ternyataaa. Curug Cikondang melebihi ekspektasi saya

17.00 | Curug Cikondang
null

Luar biasa besar dan indah! Saya yang di awal hanya niat celup celup kaki pun terbawa jadi ikut basah. Hahaha. Kami semua main main, manjat dikit, foto foto, sambil tetap hati hati. Rasanya puaaaas sekali. Saya gak kebayang juga kalo ternyata main ke Curug rasanya seperti ini hahaha.

null null

18.00 – 20.00 | Curug Ckondang – Cianjur

Mobil sewaan kami melewati jalan berliku gelap dimana saya pulas tertidur sedangkan yang cwo cwo berjaga karena kabarnya daerah situ lumayan angker. Sampai Cianjur, kami melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan naik bus ke Leuwipanjang. Lelah, basah, puas, ngantuk. Tidur lagi deh.

22.00 | McD Simpang!

Hampir 18 jam bersama jalan jalan ke tempat baru (belum ada satupun dari kami yang pernah kesana) yang seru di tahun akhir kuliah bareng itu rasanyaaaa…PUAS! Terima kasih teman teman khususnya agni, dida, dan afifah yang sudah mengusahakan jalan jalan ini 😀

___________________________________________

Last but not least! Ini adalah rincian pengeluaran kalau mau jalan jalan Bandung – Lampegan – Gunung Padang – Curug Cikondang – Bandung dengan moda transportasi kereta (harga kereta naik per 1 april 2012) tanpa biaya makan jajan dll.

  • Angkot Caheum Ciroyom : 3000
  • Kereta Ciroyom – Padalarang : 1000
  • Kereta Padalarang – Cianjur : 1500
  • Sewa mobil : 40000 (per orang; 2 mobil 1.100.000)
  • Tiket masuk gunung padang: 1000
  • Guide : 1000 (dikali 28 jadi 28000, sukarela aja)
  • Tiket masuk curug : 3000
  • Bus Cianjur – Leuwi panjang : 15000
  • Sewa mobil Lewi Panjang – Dago : 6000
Total 71.500 🙂
Tips buat yang mau jalan jalan ke sana
  1. Bawa baju ganti! biar puas main di curugnya
  2. Bawa makan siang, supaya bisa sekalian pikni. Sampahnya buang di tempatnya ya
  3. Sewa guide, biar gak sia sia kesana
  4. Lebih baik pas weekday
  5. Kalau harga tiket kereta udah 10000, coba liat lagi deh mending naik kereta apa bus apa bawa mobil

That’s it. Semoga membantu ya 🙂
null

Advertisements

6 thoughts on “catatan perjalanan Gunung Padang – Curug Cikondang

  1. Halo, Tiara! 😉
    Jadi penasaran pgn kesono, btw boleh tahu ga nomer sewa mobil yg di cianjur itu?
    trek mau ke gung padang-nya heroik banget seperti apa? nanjak banget berbatu2 atau tebing atau?
    Truus, dpt guide drmna?

    Thankies, yes.

  2. Mantappp….. 😉

    Next trip… jangan lupa souvenir khas Cianjurnya yaa….

    Buat kawan2 yg mo traveling ke Gn. Padang bs kontak sy di 085351989898 / PIN:28001570

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s